SplashScreen dan Membaca Inputan pada Aplikasi menggunakan Android Studio

Okay, My 3rd Posting!

Kembali lagi dengan Helena, kali ini saya akan membagikan cara membuat splash screen. Apa sih splashscreen itu? Splashscreen adalah tampilan pertama yang muncul sebentar sebelum masuk ke main menu. Misal youtube di ponsel Android kita, itu yang akan keluar adalah Logo Youtube dahulu baru masuk ke Beranda Youtube kita.

Okay langsung saja. Project ini melanjutkan Project Bengkel yang kemarin. Tetapi ada yang beda. Hal pertama yaitu membuat untuk tampilan awalnya dahulu (splashscreen) dahulu baru nanti menu utama kita.

Simak langkah-langkah pembuatan splashscreen berikut :
1. Pertama, kita bikin New Project seperti biasa. Kali ini, saya tidak menggunakan Empty Activity untuk splashscreennya melainkan menggunakan Fullscreen Activity.
Pilih Next lalu tulis nama file sesuai dengan keinginan Anda masing-masing.
Klik Finish. Tampilan activity_fullscreen.xml akan seperti berikut ini :
Posisi hanya ada dummy content, belum di edit

2. Splashscreen ini akan saya isi dengan gambar fullscreen, maka gambar tersebut saya tuliskan dalam FrameLayout dengan code :
android:background"@drawable/wall1"
Simpanlah gambar yang akan Anda gunakan dalam folder drawable yang berada pada project. Folder tersebut terletak pada C:\Users > SamsungI3 > AndroidStudioProjects > Bengkel2 > app > src > main > res > drawable. Sehingga kita diharuskan meletakkan semua gambar yang akan digunakan ke dalam folder drawable.

Sedangkan dalam Project :

3. Selain menampilkan gambar, dalam splashscreen juga menampilkan tulisan LETS GO!. Penulisannya sama dengan postingan sebelumnya yaitu menggunakan TextView. Berikut source code untuk tampilan yang ada pada activity_fullscreen.xml :

Tampilannya akan menjadi seperti ini :

4. Selanjutnya buat new activity yang akan digunakan sebagai menu utama. Caranya adalah : app > New > Activity > EmptyActivity. Ketikkan nama activity baru sesuai dengan keinginan. Jika sudah berhasil membuat activity baru, maka activity tersebut sudah ada dalam folder java seperti berikut :


5. Karena minggu kemarin sudah membuat form sederhana, postingan ketiga ini akan menggunakan form itu sebagai menu utamanya. Jadi tinggal kita copy dan paste apa yang sudah dikerjakan pada postingan sebelumnya. Bisa dilihat pada link berikut : https://helenanoo.blogspot.com/2018/09/tampilan-form-sebuah-aplikasi.html.

6. Pada FullscreenActivity.java tambahkan baris source code di bawah ini : 
Handlr hdlr = new Handler();
hdlr.postDelayed(new Runnable() {
   @Override
   public void run(){
      Intent intent = new Intent(this, MainActivity.class);
      startActivity(intent);
      finish();
   }
 },3000L);
}
Penjelasan source code :
  • Handler sebelumnya harus sudah diimport kedalam FullscreenAcitivty.java. Handler digunakan untuk mengatur waktu tampilan splashscreen
  • Intent merupakan sebuah objek pada activity yang dapat berkomunikasi dengan activity lain (baik satu package ataupun berbeda package). Sehingga buat variable Intent baru dengan nama intent, dimana intent menghubungkan this atau FullscreenActivity.java dengan MainActivity.java 
  • startActivity digunakan untuk memulai activity intent (menghubungkan kedua class, FullscreenActivity dahulu baru MainAcitivity
  • finish digunakan untuk mengakhiri activity intent
  • 3000L merupakan waktu yang digunakan untuk tampil di layar ponsel. 3000L berarti 3 detik.

7. Pada kesempatan kali ini, saya juga akan menambahkan fungsi Read data jika ada inputan yang masuk pada Edit Text. Berikut adalah source code dan juga analisisnya :
Import yang digunakan pada MainActivity.java

findViewId digunakan untuk menemukan id yang akan dibaca 

digunakan untuk mengambil inputan yang sudah dimasukan user

untuk menampilkan inputan user pada layar ponsel kita

Selain itu, tambahkan 2 TextView dimana android:text diisi kosong atau dibiarkan saja. Hal itu akan digunakan untuk menampilkan data-data yang baru dibaca pada MainActivity.java



8. SplashScreen beserta penampilan input sudah selesai dibuat dan tahap selanjutnya adalah running pada ponsel kita. Bisa digunakan dengan cara Debugging USB atau Build APK. Tampilan pada ponsel adalah seperti ini :
SplashScreen

Pengisian Data pada Menu Utama

Setelah menekan Save

Menampilkan hasil inputan user


Sampailah dipenghujung tulisan ini, terimakasih karena sudah setia membaca postingan saya. Selamat menunggu postingan selanjutnya dari Helena's Tutorial 


SELAMAT MENCOBA
Belajar dimulai dari hal kecil dan sederhana ❤



Komentar